Selasa, 27 Desember 2011

Server XAMPP

Hay temanteman dan sahabat blogger saya
posting ini akan membahas tentang server xampp

Download XAMPP dan instal di komputer kita. Komputer memiliki fungsi tambahan istimewa sebagai sebuah server. Untuk apa?

Saat kita menekuni cara kerja sebuah laman atau situs web, komputer kita harus selalu terhubung ke internet. Segala keperluan kita dilayani oleh web server yang entah berada di mana. Dengan putusnya koneksi internet, terputus pula kontak dengan web server. Pekerjaan kita terhenti. Ini tidak dikehendaki. Kita perlu web server dan XAMPP menggantikan fungsi web server dalam membantu menampilkan laman atau situs web yang sedang kita kaji.

Program XAMPP memiliki 4 fungsi server sekaligus: web server, database server, file transfer server, mail server. Dalam mengkaji laman atau situs web kedua server terakhir belum diperlukan. Hanya web server dan database server saja. Semua format berkas laman atau situs web yang dikenal (.html, .php. css. dsb.) dan penerjemahan bahasa pemrograman PHP dan Perl dapat dijalankan dengan kedua server ini.

Menariknya kalau XAMPP diinstal di USB flashdisk, fungsi server dapat diterapkan ke komputer sembarang termasuk laptop (di ponsel mungkin suatu saat nanti). Cukup pasangkan USB flashdisk, jalankan XAMPP, selesai. Jadilah komputer sebuah web server (portabel).

Ini memudahkan kita bekerja di mana saja, kapan saja, tanpa bergantung internet. Kemudahan lainnya, kita bisa menyimpan berkas kerja kita di server portabel ini. Berkas dijamin selalu siap ke mana kita pergi kecuali USB flash disk ketinggalan!

Perlu diwaspadai kalau internet aktif dan terpasang bersama-sama server kita. Orang luar bisa masuk dan mengakses informasi yang terdapat di komputer kita melalui server portabel ini. Perlu diambil tindakan pengamanan mencegah penyusupan dengan rambu password yang sukar ditembus. Paling bagus, dan ideal, kalau terhubung ke internet XAMPP server sebaiknya kita matikan saja. Tindakan ini paling bijaksana dan paling aman. Betul 'kan ya.

Tidak dicoba, tidak disuka, tak kenal maka tak sayang. Tak usah ragu atau takut menginstalasi XAMPP di komputer (USB flash disk) kita.

Untuk membuat web server dengan menggunakan XAMMP, pastikan IIS kita di matikan/uninstall. Karena dari pengalaman saya, jika IISnya belum di matikan program Apachenya tidak bisa dijalankan. Dan yang pasti Instal dulu XAMPPnya .Kemudian download webnya dulu dengan menggunakan Teleport Pro.Apabila semua sudah selesai, ikuti langkah-langkah berikut :
1. Buka aplikasi XAMPP Control Panel
2. Muncul jendela seperti gambar di bawah ini.


3. Kemudian klik Start pada Apache dan MySql hingga keduanaya Running seperti gambar di bawah ini

4. Untuk mengeceknya,buka browser (Mozilla,Internet Exproler,dll) kemudian pergi ke .Apabila halaman web muncul XAMPP maka sudah tersambung.
5. Setelah itu Copy folder hasil download melalui Teleport Pro tadi , kemudian buka folder xampp hasil installasi-masuk ke htdocs dan paste folder tadi.
6. Setelah itu buka browser dan pergi ke nama folder hasil copy tadi . Jika web muncul seperti gambar di bawah ini pembuatan berhasil.(saya memakai
contoh :



MENGUBAH PORT SERVER XAMPP
Biasanya orang yang menggunakan Server XAMPP tidak merubah setting di dalamnya. Hal ini perlu diwaspadai karena beberapa settiing tidak diberikan pengamanan yang cukup. Salah satunya adalah Port server. Secara default port yang digunakan adalah port 80. Alangkah baiknya apabila port server ini dirubah untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.
Langkah-langkahnya sebagai berikut :

1.Pastikan Server XAMPP tidak dijalankan. Stop semua service.
2.Buka file httpd.conf di [Folder instal XAMPP]/apache/conf/.
3.Cari kalimat Listen 80.
4.Ganti 80 dengan nomor port lain misalkan 8089. sehingga menjadi Listen 8089.
5.Untuk mengakses localhost tambahkan angka 8089 menjadi localhost:8089 atau apabila ingin membuka phpmyadmin menjadi localhost:8089/phpmyadmin. Demikian juga dengan situs lain yang anda buat misalkan localhost:8089/situsku

Apache adalah merupakan sebuah program yang berfungsi sebagai server web yang dapat dijalankan di banyak sistem operasi (OS). Apache ini harus di install di komputer lokal agar kita bisa memiliki web server lokal sebelum web blog yang kita buat di upload atau disimpan di web server online. Dengan kata lain apache menjadikan komputer kita adalah webserver lokal yang mampu menerima respon dari permintaan melalui url web browser dan mengirimkan informasi tersebut kepada permintaan tersebut. Untuk lebih jelasnya silahkan cari pengertian apache yg lebih tepat melalui search engine.
Berikut cara install apache server, mySQL dalam paket XAMPP.

Untuk melakukan installasi XAMPP tentu kita harus memiliki programnya, kalau belum punya silahkan download di XAMPP di apachefriends.org, versi xampp yg saya gunakan saat artikel ini ditulis adalah xampp-win32-1.7.3.EXE.

Setelah download silahkan ikuti cara installasi xampp berikut ini :

1. Double Klik/Jalankan file xampp-win32-1.7.3.EXE
2. Ketikan nama drive yang akan diinstall xampp pada Destination Folder, misalnya C:\
3. Klik Install
4. Tunggu proses installasi hingga selesai dan melakukan setting melalui command prompt
5. Jawab Y untuk pertanyaan Should I add shortcuts to the startmenu/desktop? (y/n): kemudian tekan ENTER
6. Jawab Y pada pertanyaan Should I Locate the XAMPP path correctly? Should I proceed? (y/n=exit setup):, dan tekan ENTER
7. Jawab N pada pertanyaan Should I make a portable XAMPP without drive letters? Your Choice? (y/n):, dan tekan ENTER
8. Tunggu proses yang terjadi di jendela command prompt hingga muncul pesan XAMPP is ready to use kemudian tekan ENTER
9. Sekali lagi tekan ENTER
10. Jawab 1 kemudian tekan ENTER untuk mengaktifkan XAMPP pada windows
11. Tutup jendela

Sekarang proses installasi XAMPP server sudah selesai dan sudah siap untuk digunakan sebagai server local untuk membuat web blog.



GAMAPANG KAN COBA AJA YA
kalau ada kesalahan mohon maaf sebesar besar nya

2 komentar:

Daftar Blog Saya

Total Tayangan Halaman